-->
  • Apa itu Karya Ilmiah?


    Definisi Karya Ilmiah
    Karya ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu. Disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa, dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya (Eko Susilo, 1995). Suatu karya dapat dikatakan ilmiah apabila proses perwujudannya melalui metode ilmiah.
    Tujuan dari penulisan karya ilmiah adalah untuk memberikan penjelasan, komntar atau penilaian, dan saran terkait suatu permasalahan tertentu. Selain itu, karya ilmiah juga bertujuan untuk menyampaikan sanggahan dan membuktikan suatu hipotesis.

    Bentuk Karya Ilmiah
    Karya ilmiah memiliki banyak bentunya. Bentu-bentuk karya ilmiah yang dikenal antara lain, yaitu :
    1.  Karya Ilmiah Berbentuk Makalah. Makalah biasanya dipakai untuk dalam menyusun penulisan yang nantinya akan dipubikasi ilmiah. Contohnya adalah jurnal, majalah ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Sehingga ciri pokok karya ilmiah makalah adalah singkat, hanya pokok-pokok saja dan tanpa daftar isi.
    2.  Karya Ilmiah Berbentuk Report/ Laporan Ilmiah yang Dibukukan. Pada umumnya, karya ilmiah jenis ini ditulis untuk melaporkan hasil-hasil penelitian. Laporan ilmiah sering digunakan oleh perguruan tinggi, sebagai syarat untuk lulus kuliah. Contohnya adalah skripsi, tesis, dan disertasi.
    3.  Buku Ilmiah. Buku ilmiah merupakan suatu karya ilmiah yang disusun dan dicetak dalam bentuk buku. Buku ilmiah berisi pelajaran ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan yang lain.

    Jenis-jenis Karya Ilmiah
    Beberapa jenis karya ilmiah yang paling banyak diterbitkan oleh manusia adalah sebagai berikut :
    1.   Makalah. Karya ilmiah ini menyajikan sebuah masalah dan penyelesaianya yang mengandalkan berbagai macam data yang ada di lapangan. Karya ilmiah ini bersifat empiris dan juga objektif (jujur). Karya ilmiah makalah biasanya akan dipresentasikan dalam sebuah kegiatan seminar ataupun perlombaan.
    2. Artikel. Artikel dapat diartikan sebagai karya tulis yang dirancang dengan memperhatikan kaidah penulisan dan pedoman ilmiah yang berlaku.
    3.   Skripsi. Skripsi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa untuk bisa mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu ataupun berdasarkan teori yang telah diterbitkan sebelumnya.

    Perhatian
    Hormatilah karya orang lain, sehingga karyamu juga akan dihormati
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya terhadap halaman blog kami, jika ada sesuatu hal yang ingin disampaikan, silakan berkomentarlah disini. Berkomentarlah dengan baik