-->
  • Apa itu Esai?


    Esai adalah suatu tulisan yang didalamnya terdapat opini penulis tentang subjek atau permasalahan tertentu dengan penulis mencoba menilainya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), esai adalah sebuah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Namun esai tidak hanya disebut karangan saja, esai juga disebut sebagai artikel, tulisan, dan komposisi.
    Penulis esai disebut dengan esais. Tujuan dari esais membuat esai adalah sebagai alat uji untuk mengukur intelegensi seseorang. Esais yang berpengetahuan luas akan dapat menyampaikan gagasannya secara runtut, logis, dan menarik. Dalam penulisannya, esais juga dapat mengupas suatu topik dan memberikan tanggapan dan pendapatnya. Karena ia ingin memberikan pendapat terhadap suatu persoalan atau fenomena yang terjadi dalam masyarakat.
    Dalam penulisannya, esai harus memperhatikan struktur-struktur esai. Struktur ini terbagi kedalam tiga bagian paragraf, yaitu;
    1.      Bagian pertama esai adalah paragraf pendahuluan atau latar belakang. Dalam bagian ini, penulis menjelaskan problem atau topik yang ada saat ini dan menjadi latar belakang dari penulisan esai. Yang paling penting dalam paragraph ini adalah dibentuknya kalimat tesis (thesis statement) yang berfungsi sebagai gagasan pengontrol (controlling idea) untuk bagian isi esai. Dan jangan lupa untuk memasukkan tujuan dari penulisan esai.
    2.      Bagian kedua adalah paragraf isi. Dalam paragraf ini menjadi tempat pemabahasan dan penyelesaian masalah. Pembahasan dimulai dengan memberikan gagasan dari penulis. Isi dari esai ini harus relevan dengan tujuan dari penulisan esai.
    3.      Bagian terakhir adalah paragraf penutup. Bagian ini dapat berisi ringkasan dan kesimpulan dari gagasan yang telah disampaikan dalam isi esai.

    Untuk dapat membuat esai yang bagus, penulis harus mulai dari gemar membaca. Semakin gemar kita membaca, semakin besar kemungkinan kita untuk dapat menulis esai dengan baik. Karena dengan gemar membaca, kita akan memiliki lebih banyak gagasan untuk ditulis. Persoalan utamanya tinggal mewujudkan gagasan yang sudah tertanam dalam benak kita melalui tulisan yang harus terus-menerus kita latih agar semakin lama semakin sempurna.

    Perhatian
    Hormatilah karya orang lain, sehingga karyamu juga akan dihormati
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya terhadap halaman blog kami, jika ada sesuatu hal yang ingin disampaikan, silakan berkomentarlah disini. Berkomentarlah dengan baik