-->
  • Instagram Sosmed Maksiat Terang-terangan

    Instagram : Awas Sosmed jalur Maksiat Terang-terangan
    Sumber : news.filehippo.com

    Siapa coba yang tidak kenal dengan Instagram? Sosmed yang merupakan sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, menerapkan filter digital ini sedang sangat populer di kalangan remaja. Sosmed yang hanya berisi foto dan video yang diupload oleh penggunanya ini sudah cukup menjadi daya tarik tersendiri. Untuk memperdalam, silakan Lihat Apa itu Instagram?
    Foto yang diupload-pun bisa berupa apa saja. Sebelum diupload, foto dapat diedit sendiri dengan berbagai macam efek. Sedangkan untuk video, durasi pendek saja yang biasanya populer. Karena video yang berdurasi pendek tentu saja lebih ringan. Walaupun begitu, jarang ada pengguna yang menampilkan video. Mereka lebih memilih untuk menampilkan foto daripada video.
    Karena yang diupload kebanyakan berupa foto, maka banyak orang yang berlomba-lomba untuk menampilkan foto mereka yang bagus, unik, dan istimewa agar dirinya menjadi populer. Itulah yang mereka cari, yaitu kepopuleran. Lalu dari mana tingkat kepopuleran dapat diketahui? Kepopuleran dapat dilihat dari jumlah pengikutnya, dan ternyata inilah yang dikejar oleh para pengguna instagram, yaitu jumlah pengikut (follower).
    Dari keinginan populer inilah yang mengakibatkan instagram menjadi salah satu jalur maksiat. Kenapa tidak? Para pengguna Instagram saat ini sudah tidak menghiraukan lagi foto yang mereka upload. Seperti foto selfie yang menampakkan aurat, foto berpacaran, dan bahkan foto aib seseorang mereka tampakkan di Instagram. Padahal menampakkan aurat dan maksiat di sosial media lebih parah daripada di dunia nyata. Karena foto atau video yang ditampilkan, akan dilihat oleh jutaan orang secara bersamaan. Maksiat inilah yang sering disebut dengan maksiat terang-terangan.
    Padahal Rasulullah sudah memperingatkan maksiat terang-terangan ini dalam sebuah kutipan hadits, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda ;

    كُلُّ أَمَّتِي مُعَافًى إِلاَّ الْمُجَاهِرِينَ وَإِنَّ مِنَ الْمَجَانَةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلاً ثُمَّ يُصْبِحَ وَقَدْ سَتَرَهُ اللَّهُ فَيَقُولَ يَا فُلاَنُ عَمِلْتُ الْبَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللهِ عَنْه
    “Setiap umatku dimaafkan kecuali orang yang melakukan dosa terang-terangan, dan sungguh termasuk kegilaan, jika seseorang berbuat dosa pada malam hari, kemudian ia masuk waktu pagi dalam keadaan Allah menutupi dosanya, lalu ia sendiri mengatakan: Wahai fulan tadi malam aku berbuat dosa ini dan itu. Padahal ia tidur malam dalam keadaan Rabbnya menutupi aibnya, dan ia masuk waktu pagi seraya menyingkap tutupan Allah darinya.” (HR. Al-Bukhari dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)

               Oleh karena itu, marilah kita menjaga setiap foto yang diupload ke Instagram. Karena bisa jadi foto yang kita upload mengandung maksiat yang dilarang oleh Allah SWT. Dan jika ada foto di Instagram anda yang termasuk maksiat, segeralah bertaubat dan menghapus foto tersebut, karena Allah Maha Pengampun. 
    Perhatian
    Hormatilah karya orang lain, sehingga karyamu juga akan dihormati
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya terhadap halaman blog kami, jika ada sesuatu hal yang ingin disampaikan, silakan berkomentarlah disini. Berkomentarlah dengan baik