-->
  • Apa itu Hujan Orografi?


    Apa itu Hujan Orografi?


    Apa itu hujan orografi? Bagi teman-teman yang sedang mencari tahu konten diatas, disinilah tempatnya.
    Orografi atau orografis adalah hujan yang terjadi di daerah pegunungan. Hujan orografi ini terjadi karena udara yang mengandung uap air bergerak naik ke atas pegunungan, sehingga terjadi penurunan suhu dan terkondensasi, hingga akhirnya turun hujan di lereng gunung yang berhadapan dengan datangnya angin.
    Secara geografi, efek hujan orografi mengacu pada kondisi cuaca yang dipicu oleh gerakan ke atas massa udara di datang di kontak dengan sebuah gunung atau dataran tinggi lainnya. Ia memiliki peran penting untuk bermain di daerah pegunungan tinggi di dunia yang menerima curah hujan lebih banyak dibandingkan dengan dataran. Sederhananya, orografis memberi efek tentang bagaimana gunung dan dataran tinggi lainnya mengubah kondisi cuaca yang berlaku di wilayah tertentu.

    Proses Terjadinya Hujan Orografis
    Sudah Sunnatullahnya bahwa semua hujan memiliki semua prosesnya tersendiri. Dalam terjadinya hujan orografi, melibatkan beberapa hal seperti udara yang mengandung uap air, angin fohn, wilayah pegunungan, dan lainnya.
    Tahapan- tahapan terjadinya hujan orografi ini dapat dipaparkan secara urut atau kronologi. Kronologi terjadinya hujan orografis dapat dipaparkan sebagai berikut:
    1.    Di daerah pegunungan terdapat udara yang mengandung uap air di sekitar pegunungan tersebut.
    2.    Terdapat angin fohn yang ada di sekitar wilayah gunung tersebut yang menyebabkan udara yang mengandung uap air tersebut bergerak ke atas pegunungan, mendaki lereng, dan semakin tinggi.
    3.    Semakin tinggi uap air yang yang dibawa oleh angin tersebut maka akan semakin mengalami pengembunan. Hal ini disebabkan karena udara di atas semakin dingin sehingga uap air yang melintas di sana akan mengalami pengembunan atau kondensasi.
    4.    Pengembunan atau kondensasi ini akan membentuk sebuah awan hitam atau titi- titik air.
    5.    Seteleh mengalami kejenuhan, titik- titik air yang berada di atas akan mengalami kejenuhan sehingga menurunkan kandungan air yang berada di dalamnya.
    6.    Titik- titik air yang jatuh inilah yang disebut dengan hujan. Hujan yang terjadi ini disebut dengan hujan orografis.


    Setelah teman-teman membaca ini, kami berharap teman-teman menjadi lebih mengetahui apa itu hujan orografi.

    Perhatian
    Hormatilah karya orang lain, sehingga karyamu juga akan dihormati
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya terhadap halaman blog kami, jika ada sesuatu hal yang ingin disampaikan, silakan berkomentarlah disini. Berkomentarlah dengan baik