-->
  • Apa itu Angin Muson?

    Angin Muson
    sumber : wartabuana.com
    Apa itu angin muson? Angin muson adalah angin yang berhembus setiap enam bulan sekali. Terjadinya angin ini karena adanya perbedaan pemanasan bumi antara belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Angin ini berembus setiap setengah tahun sekali dan selalu berganti arah. Oleh karena itu, setiap enam bulan sekali terjadi perubahan musim seiring dengan berembusnya angin muson. Indonesia jika dilihat secara goegrafis diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia. Ternyata, perbedaan tekanan udara di kedua benua tersebut mengakibatkan terjadinya angin muson.
    Angin muson yang berasal dari Asia disebut angin muson barat, dan angin muson yang berasal dari Australia disebut angin muson timur.

    1.      Angin Muson Barat
    Angin muson ini terjadi pada kurun waktu antara bulan Oktober - Februari. Kenapa pada bulan tersebut? Hal ini dikarenakan pada 23 September sampai dengan 21 Maret, matahari berada tepat di bagian bumi selatan sampai pada garis lintang 23 1/2 °LS tepat pada 22 Desember. Akibatnya, intensitas penyinaran matahari di benua Australia lebih tinggi daripada di Benua Asia yang mengakibatkan suhu udara di Australia maksimum dan di Asia minimum. Dengan demikian, tekanan udara di Asia menjadi tinggi dan di Australia menjadi rendah, karena angin selalu bertiup dari tekanan udara yang tinggi ke tekanan udara yang rendah maka bertiuplah dari Asia ke Australia melalui Indonesia. Angin ini melalui Lautan Teduh (Hindia) dan Samudera Pasifik yang luas, sehingga angin ini mengandung banyak uap air. Akhirnya, terjadilah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.
    Angin muson berembus dari Benua Asia ke Benua Australia. Indonesia saat itu mengalami musim penghujan. Pergerakan angin tersebut disebut angin muson barat.

    Angin Muson Barat
    sumber : guruips.com

    2.      Angin Muson Timur
    Jika tadi angin muson barat, apa itu angin muson timur? Angin muson timur ini juga sering disebut angin muson tenggara yang bertiup pada bulan April sampai dengan Agustus. Hal ini dikarenakan mulai 21 Maret-23 September kedudukan matahari berada tepat di utara sampai garis lintang 23 1/2°LU pada 21 Juni. Selain itu juga, Intensitas sinar matahari lebih tinggi di Benua Asia daripada di Benua Australia. Yang mengakibatkan Asia bertekanan udara rendah dan di Australia bertekanan udaratinggi. Akhirnya, bertiuplah angin dari Australia menuju Asia. Karena melewati stepa dan sabana (padang rumput) yang luas, angin ini tidak membawa uap air sehingga sebagian wilayah Indonesia mengalami musim kemarau.

    Angin Muson Timur
    sumber : guruips.com

     (sumber : guruips.com)
    Perhatian
    Hormatilah karya orang lain, sehingga karyamu juga akan dihormati
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya terhadap halaman blog kami, jika ada sesuatu hal yang ingin disampaikan, silakan berkomentarlah disini. Berkomentarlah dengan baik